article

8 manfaat baby spa untuk tumbuh kembang bayi

Baby spa adalah perawatan yang dirancang untuk memberikan stimulasi positif pada bayi berusia 3 minggu sampai 3 tahun. Umumnya baby spa terbagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, buah hati Anda akan berendam di dalam kolam khusus menggunakan pelampung. Sesi ini biasanya berlangsung selama 10-15 menit, tergantung pada reaksi bayi Anda saat pertama kali masuk ke dalam air. Jika sudah terbiasa, durasinya bisa menjadi 30 menit. Pada sesi kedua, bayi akan dipijat oleh seorang terapis. Pijat bayi ini berlangsung selama kira-kira 15 menit. Ingin mengikuti pelatihan baby spa dan baby massage ? klik disini


1. Melancarkan peredaran darah pada bayi

Tentunya, dengan melakukan berbagai gerakan dan juga latihan pada renang ataupun spa, maka gerakan alami yang dilakukan oleh bayi Anda akan menjadi rangsangan alami untuk melancarkan peredaran darah dan juga meningkatkan kesehatan pada jantung bayi. gerakan tanpa tekanan ini tentu dapat menghindarkan bayi dari stres dan akan membuat anak lebih ceria dan juga lincah dalam melakukan berbagai aksi uniknya.

2. Meningkatkan kualitas tidur pada bayi

Tidak dapat dipungkiri bahwa bayi sering mengalami rewel dan juga susah tidur terutama pada saat malam hari. Hal ini memang terbukti dan juga terjadi pada sebagian besar bayi. Hal ini tentunya dikarenakan bayi tidak memiliki kualitas tidur yang baik dan juga sering bangun dan menangis.

Pada saat baby spa, otot-otot bayi akan menjadi lebih lentur, sehat dan juga kuat. Bayi akan terhindar dari kejang dan juga nyeri pada daerah persendiannya. Kondisi ini tentunya membuat bayi akan lebih cepat dan juga mudah tidur pulas.

Dengan melakukan baby spa, manfaat yang akan Anda ambil tentunya memperbaiki kualitas tidur pada bayi sehingga si kecil tidak akan atau jarang bangun pada malam hari. Kondisi ini akan membuat bayi memiliki pola tidur yang cukup baik. Tentunya, ini menjadi suatu keuntungan buat Anda, bukan?

3. Memperbaiki sistem pernafasan pada bayi

Melakukan baby spa tentu akan berpengaruh baik pada sistem pernafasan bayi. Ketika si kecil berusaha bergerak di dalam air, tentunya ia akan merasa takut dan juga khawatir akan sesuatu yang baru. Dengan gerakan seperti ini, maka denyut jantung dan juga sistem pernafasan bayi menjadi lebih cepat dan lambat laun akan teratur dengan sendirinya ketika ia melakukan baby spa berikutnya. Rasa takut terhadap air pastinya akan membuat si kecil lebih berani dan juga percaya diri ketika melakukan suatu gerakan di dalam air.

4. Bayi akan lebih aktif bergerak

Hal ini tentu saja akan terjadi pada bayi yang melakukan baby spa dibandingkan dengan bayi yang tidak sama sekali. Efek positif dari melakukan gerakan di dalam air akan membuat bayi lebih aktif karena si kecil akan lebih berani dan juga percaya diri. Ia tidak akan merasa takut dalam melakukan gerakan seperti merangkak dan juga berjalan. Hal ini tentunya menjadi suatu keuntungan buat kita sebagai orangtua karena akan lebih mudah mengajari dan juga melatih anak untuk belajar berjalan.

5. Menambah nafsu makan bayi

Dengan melakukan baby spa, tentunya bayi akan lebih aktif bergerak dan juga merasa sedikit kelelahan. Ketika si kecil rutin melakukan aktifitas tersebut, tentunya ia akan merasa lapar. Kondisi ini menyebabkan si kecil memiliki nafsu makan yang cukup tinggi. Bayi juga akan mendapatkan pencernaan yang yang lebih baik serta akan lancar buang air besar.

6. Menurunkan kadar hormogen adrenalin

Bayi yang melakukan baby spa tentunya akan mengaktifkan kinerja neurotransmitter serotin yang dapat meningkatkan sel reseptor agar sistem imun menjadi lebih tinggi dan juga mempertebal adrenalin. Manfaatnya tentu sebagai respon untuk menurunkan rasa stres berlebih atau kadar hormogen adrenali pada bayi.

7. Pijatan lembut membuat bayi rileks

Manfaat yang di dapat dari baby spa dengan pijatan tentunya dapat membuat tubuh bayi melepaskan hormon Oksitosin dan juga Endorfin. Pelepasan hormon ini tentunya dapat bermanfaat untuk membuat tubuh bayi lebih rileks, nyaman dan juga lebih ringan.

8. Meningkatkan cepat tanggap pada bayi

Gerakan-gerakan alami yang dilakukan oleh bayi tentunya akan membuat bayi lebih cepat tanggap dan juga dapat menerima respon positif dari lingkungan sekitarnya. Bayi akan lebih cepat tanggap dan berkembang terhadap respon di sekitarnya. Tentunya, kondisi ini membuat bayi lebih mandiri, ceria, cerdas dan juga tidak mudah menangis.

Perawatan baby spa dapat juga membantu bayi terhindar dari flu, pilek dan batuk karena ketika peredaran darahnya semua lancar dan diimbangi perasaan yang nyaman dari segala macam tekana dan stress. Keadaan ini akan membuat daya tahan tubuhnya meningkat dan membuat organ organ tubuh bagian dalam menjadi senantiasa normal, tidak mudah untuk jatuh sakit kendati dalam keadaan cuaca yang tidak menentu (pancaroba). Ikuti pelatihan baby spa dan baby massage disini