article

Manfaat Dan Tahapan Dalam Melakukan Baby Massage

Memijat bayi Anda secara rutin merupakan salah satu cara untuk memberikan sesuatu yang lebih untuknya. Lebih banyak waktu untuk membangun ikatan dengannya. Lebih banyak stimulasi sensorik. Perkembangan bayi yang lebih sehat. Salah satu faktor paling penting untuk perkembangan bayi yang sehat dan bahagia adalah sentuhan penuh kasih dari ibu. Penelitian menunjukkan bahwa sentuhan dan pijat bayi rutin dari orang tua atau pengasuh adalah faktor yng krusial untuk pertumbuhan, komunikasi, serta proses belajar si kecil. Klik Disini Untuk Mendapatkan Pelatihan Baby Massage And Spa.

Manfaat-manfaat dari baby massage

  • Menenangkan serta mengurangi frekuensi menangis pada bayi
  • Memperlancar pencernaan, serta mengurangi sakit perut, gas dan sembelit
  • Menambah berat badan harian
  • Membantu bayi lebih mudah beradaptasi dengan tidur malam, dan membantunya tidur lebih nyenyak
  • Meredakan sesak napas dan rasa tak nyaman pada saat tumbuh gigi
  • Membantu pembentukan, koordinasi serta kelenturan ototnya dengan baik.
  • Meningkatkan kesadaraan tubuhnya
  • Meningkatkan sistem kekebalan
  • Menjadikan tekstur kulitnya lebih baik
  • Membantu Anda dan bayi Anda merasa tenang dan rileks
  • Meningkatkan rasa percaya diri Anda dalam memegang bayi Anda

Tahapan-tahapan dari baby massage


- Tungkai

    Mulailah memberi pijatan dari tungkai atau pangkal paha hingga ke bawah. Area ini dianggap kurang sensitif sehingga bagus untuk memulai sebuah pijatan. Tuang sedikit minyak ke telapak tangan, lalu gosok-gosok hingga terasa     hangat di tangan Anda. Setelah itu mulai pijat lembut bagian paha ke arah bawah dan turun ke area betis. Setelahnya Anda bisa mulai memijat punggung kakinya dengan gerakan memutar. Anda dapat memberi sedikit usapan saat     memijat bagian pergelangan kaki sampai ke jari kaki. Kemudian beralihlah ke bagian telapak kakinya. Gunakan ibu jari Anda saat memijat area ini. Terakhir, Anda bisa memijat jari-jemarinya. Ambil tiap jari memakai ibu jari dan jari     telunjuk Anda, lalu tarik dengan lembut. Lakukan pada kesepuluh jarinya.

- Lengan

    Usai memijat bagian tungkai, beralihlah ke bagian lengan. Mulai pijatan dari lengan bagian atas hingga ke pergelangan tangannya. Sesampainya di pergelangan tangan, putar lembut bagian ini beberapa kali.
    Lalu pijat telapak tangannya memakai ibu jari Anda. Akhiri sesi ini dengan memijat lembut jari-jemarinya.

- Dada

    Letakkan kedua tangan Anda di atas jantung si Kecil. Lalu pijat lembut ke arah luar dan tekan lembut dadanya dengan telapak tangan Anda. Ulangi gerakan ini beberapa kali. Kemudian, letakkan satu tangan Anda di bagian atas     dadanya, lalu pijat lembut ke arah paha.

- Punggung

    Posisikan si Kecil dalam keadaan tengkurap, kemudian pijat area tulang belakang leher hingga bokong memakai ujung jari Anda. Akhiri pijat bayi ini dengan pijatan panjang dari bahu hingga kakinya. Setelah itu, Anda bisa     memakaikan popok dan baju serta memeluknya. Usai dipijat, si Kecil mungkin akan terlelap dengan cepat.

Waktu terbaik untuk melakukan pijat bayi adalah ketika dia sedang terjaga, namun dengan kondisi yang tenang. Pastikan bayi tidak dalam kondisi terlalu lapar atau kenyang saat Anda memberinya pijatan.

Hindari memijatnya sewaktu dia akan terlelap di waktu tidur siang. Anda boleh memijatnya dan menjadikannya kegiatan rutin sebelum tidur pada malam hari. Hal ini berguna untuk membuatnya tidur lebih pulas. Menjadwalkan memijat bayi usai mandi juga bisa Anda coba. Agar si Kecil menikmati kegiatan pijat bayi ini dengan maksimal, perhatikan segala isyarat yang dikeluarkan olehnya. Isyarat ini bisa menjadi sinyal apakah dia suka dengan pijatan Anda atau tidak. Segera hentikan pijatan jika si Kecil mulai menangis karena itu pertanda bahwa dia sudah merasa cukup dengan pijatan Anda. Ketahui lebih banyak mengenai baby massage dengan mengikuti kelas pelatihan baby massage.